Selasa, 19 Oktober 2010

Cuaca ekstrim kembali melanda



Seminggu terakhir ini kota Bandung kembali di selimuti  cuaca yang ekstrim. Hampir setiap malam hari kota Bandung di guyur hujan berdurasi cukup lama, beda dengan halnya siang hingga menjelang sore langit Nampak cerah dan menyengat sekali. Menurut beberapa sumber yang di dapat cuaca ekstrim bakal berlangsung hingga awal bulan Pebuari  2011.
Cuaca ekstrim ini disebabkan adanya daerah pumpunan atau pertemuan angin di sekitar Laut Banda hingga Papua bagian tengah yang meningkatkan aktivitas pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia bagian selatan. Kondisi tersebut juga didukung oleh suhu permukaan laut di wilayah perairan Indonesia yang-hangat-dan-kelembaban-udara-yang-tinggi.

Kondisi tersebut akan terus berlanjut disertai dengan pemanasan berskala lokal yang ditandai oleh suhu udara tinggi antara pagi hingga siang hari di beberapa wilayah, sehingga memicu pertumbuhan awan hujan seperti awan Cumulonimbus. Awan tersebut sangat berpotensi menimbulkan hujan dengan intensitas sedang-lebat yang disertai kilat, petir dan angin kencang dengan durasi singkat.
Warga Bandung yang memiliki rumah yang berada di sekitar bantaran sungai di imbau agar mewaspadai cuaca ekstrim ini, dikrenakan potensi terjadi banjir cukup besar. Selain itu dalam bepergian hendaknya memperhitungkan waktu, karena hujan  sering terjadi dari sore hari hingga malam. Selain itu banyak jalan di Bandung yang sering tergenang banjir akibat penyempitan saluran air, air tersebut sering membanjiri jalan-jalan yang dilintasi banyak kendaraan dihimbau agar berhati-hati.

( CHANDRA RIZA )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar